Penggunaan material kusen dari alumunium semakin dominan dan banyak digunakan pada semua arsitektur bagian dalam sebuah bangunan. Penggunaanya diaplikasikan pada pintu dan jendela. Dikarenakan memiliki daya tahan yang cukup lama, tidak mudah kropos, tidak dimakan rayap, tidak mudah berubah bentuk dalam kondisi cuaca yang berubah-ubah.
Dengan bahan aluminium yang memiliki daya tahan lebih lama serta perawatannya yang mudah, membuat pintu aluminium saat ini telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Terdapat beberapa jenis pintu berbahan aluminium yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan anda, berikut jenis-jenis tersebut:

Pintu Panel Aluminium

Jenis pintu aluminium ini adalah pintu dimana keseluruhan bahan materialnya adalah aluminium, baik itu untuk rangka ataupun body penutup rangka. Jenis ini biasanya digunakan untuk pintu depan atau pintu utama, hanya saja pintu panel aluminium ini masih belum terlalu banyak yang menggunakan karena harganya cukup mahal.

Pintu Aluminium Expanda

 

Jenis pintu aluminium ini merupakan pintu kawat nyamuk yang berfungsi menahan nyamuk agar tidak masuk ke dalam ruangan atau rumah, kawat nyamuk yang digunakan bukan berbahan nylon tapi berbahan aluminium sehingga lebih kuat.

Pintu Aluminium Kaca

 

Merupakan jenis pintu aluminium yang paling banyak digunakan, pintu ini rangkanya terbuat bahan aluminium sedangkan bagian body dari kaca. Jenis pintu ini banyak digunakan untuk perkantoran, ruko, ataupun rumah tinggal.

 

Nah, itulah jenis-jenis pintu aluminium berdasarkan bentuknya. Sekarang mari kita lanjut ke jenis pintu berbahan aluminium berdasarkan jenis bukaannya atau cara beroperasinya.

 

Jenis Pintu Aluminium Berdasarkan Cara Beroperasinya

 

Pintu Alumunium tidak hanya memiliki berbagai jenis bahan, pintu alumunium juga memiliki beberapa jenis berdasarkan cara pengoprasinya. Berikut merupakan jenis-jenis pintu alumunium berdasarkan cara pengoprasiannya:

 

Pintu Sliding Aluminium.

 

Jenis pintu ini bisa juga disebut pintu geser aluminium, sesuai dengan namanya jenis pintu ini dioperasikan dengan cara digeser untuk menutup dan membuka.

 

 

Pintu Folding Alumunium

 

 

Jenis pintu aluminium ini dioperasikan dengan cara dilipat sehingga jenis pintu ini harus terdiri dari minimal 2 buah pintu yang saling bergandengan.

Pintu Swing Aluminium.

 

Merupakan jenis pintu yang arah buka tutupnya dengan cara diayun ke samping, jenis ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan untuk kantor atau ruko meskipun tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk rumah tinggal.

 

 

Demikianlah artikel tentang jenis pintu aluminium baik berdasarkan bentuknya dan juga berdasarkan cara beroperasinya. Semoga artikel ini bisa memberikan masukan bagi anda yang akan menggunakan pintu aluminium agar anda bisa memilih jenis pintu yang sesuai dengan kebutuhan.