Di zaman yang makin modern ini tentunya banyak orang yang suka akan kerja cepat dan tidak memakan waktu lama. Apalagi untuk Ibu rumah tangga yang memiliki latar belakang wanita karir. Tentunya sangat ingin pekerjan rumah cepat teratasi agar lebih cepat dalam pengerjaannya. Misal membersihkan tirai jendela yang memerlukan banyak waktu dan menguras tenanga. Belum lagi jika menggunakan tirai yang ukurannya lebar dan panjang serta berat, bahkan jika dicuci sendiri terkadang takut salah caranya sehingga membuat tirai rusak. Jangan khawatir! Di era modern ini membawa para arsitek untuk berpikir bagaimana merancang dengan budget yang minim tetapi tetap terlihat mewah. Seperti halnya Roller Blinds yang merupakan salah satu tipe tirai jendela modern yang digunakan sekarang bukan hanya fungsional saja tetapi sudah beragam menurut material screen terhadap intensitas matahari, bentuk dan fungsinya.

Roller Blind adalah tirai modern yang berfungsi sebagai penutup jendela untuk melindungi ruangan Anda dari efek sinar matahari yang berlebihan. Pemilihan Roller Blind bagi Anda yang menginginkan tampilan window blind yang ringkas dan minimalis, materialnya berbahan ringan dan pilihan yang bermacam – macam warna diantaranya bahan blackout, dimout, dan external sun shading. Bahan dimout merupakan bahan yang mampu menghalau sinar matahari sampai 90%, dan bahan blackout merupakan bahan yang mampu menghalau sinar matahari sampai dengan 100%.

 

 

Ragam manfaat Roller Blind untuk ruangan:

 

1. Mengurangi hawa panas masuk ke ruangan

Apalagi jika kebetulan kantor atau rumah Sobat tidak dipasang AC, salah satu cara untuk mengurangi efek kepanasan dan gerah di dalam ruangan adalah dengan memasang roller blind. Roller blind dengan tipe blackout atau horizontal blind berfungsi memiliki fungsi untuk mengurangi sengatan sinar matahari.

 

2. Mengurangi resiko kejahatan

Tindak kejahatan bisa terjadi apabila ada kesempatan. Umumnya para pelaku kejahatan akan mengawasi gerak-gerik orang yang ada di dalam suatu rumah atau kantor, sebelum mereka melakukan aksinya. Keberadaan roller blind disini dapat membantu memberikan privasi di dalam sebuah ruangan, tanpa harus mengorbankan cahaya yang masuk ke ruangan.

 

3. Menghindari resiko warna furnitur memudar akibat sinar matahari

Roller blind bisa mengatur seberapa besar sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan, sehingga cara ini dapat mengurangi resiko furnitur rumah atau kantor Sobat memudar warnanya karena terpapar sinar matahari terus-menerus.

 

4. Cocok dipadukan dengan desain apapun

Roller blind ini cocok dipadukan pada berbagai jenis desain ruangan, seperti misalnya pada ruangan bergaya minimalis sampai tradisional. Karena variasi pilihan yang beragam, roller blind dapat menyatu bersama dengan berbagai aksen dan furnitur di dalam ruangan entah di rumah atau perkantoran.

 

5. Mudah dalam pemasangan

Untuk roller blind berjenis manual, Sobat tinggal memasang bracket dan menempelkan roller blind pada jendela. Sedangkan untuk yang lebih canggih, Sobat tinggal menyambungkan kabel dan menghidupkan fungsi pada remote control dari roller blind tersebut.

 

 

Ada 3 sistem pengoperasian roller blinds:

 

Chain (Rantai)

Roller Blind dengan sistem rantai ini dioperasikan dengan cara menarik rantai untuk membuka dan menutup roller blind pada jendela.

 

 

 

 

Spring Flexy Stop

Roller Blind jenis ini dioperasikan dengan menarik bandul yang tergantung di bagian tengah bawah roller blind, kelebihannya adalah jika ingin membuka jendela, Anda cukup menarik sedikit bandul tersebut dan roller blind otomatis akan bergulung sendiri ke atas sampai jendela terbuka penuh.

 

 

One Touch (Self Released)

Roller blind yang satu ini dioperasikan sama – sama menggunakan rantai, tetapi kelebihannya adalah pada saat ingin menutup jendela, Anda cukup menarik sedikit pada saat Anda ingin menutup jendela kemudian tirai akan turun dengan sendirinya sampai jendela tertutup penuh. Dan roller blinds ini mudah dibersihkan dengan cara sedot saja menggunakan vacuum cleaner, kemudian roller blinds Anda akan kembali bersih. Dan tidak perlu menggunakan air untuk membersihkannya.

 

Model Roller Blind

Roller blind sebagai penutup jendela kaca baik untuk apartemen, rumah, kantor maupun bangunan laiinnya memiliki dua model secara umum yaitu model roller blind horizontal dan model roller blind vertikal.

 

Horizontal Blind

Horizontal Blind

Untuk roller blind horizontal, cara menggunakannya tentu saja dengan menarik ke samping. Roller blind tipe ini cocok sekali digunakan untuk ruagan yang luas. Misalnya saja untuk ruang keluarga atau di ruang santai. Roller blind model horizontal lebih banyak orang menyebutnya horizontal blind.

 

Vertical Blind

Vertical Blind

Untuk roller blind vertikal lebih cocok diletakkan pada ruangan yang tidak terlalu besar atau ruangan sempit. Seperti di kamar, ruang tamu dan untuk jendela ventilasi, roller blind model vertikal lebih sering disebut vertcal blind.

 

 

Dari kedua model roller blind tersebut, tentunya calon pengguna roller blind dapat menentukan manakah yang lebih cocok untuk ruangan mereka apakah vertikal blind  ataupun horizontal blind.

 

 

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih roller blind agar sesuai dengan jendela Anda.

 

Tentukan cara kerjanya

Umumnya, roller blind dibagi menjadi dua jenis sesuai cara kerjanya. Ada roller blind yang dioperasikan manual dan bermotor. Untuk blind yang dioperasikan manual sangat ideal untuk jendela kecil hingga menengah. Sementara itu, blind bermotor umumnya digunakan untuk jendela besar yang mungkin sulit dioperasikan secara manual. Mekanisme bermotor bekerja setelah Anda menekan tombol. Ketika blind diputar, blind akan turun ke bawah bingkai jendela Anda. Anda dapat memilih opsi terbaik yang sesuai dengan kondisi Anda.

 

Cocokkan dengan dekorasi ruangan

Tentunya Anda tidak ingin merusak dekorasi rumah hanya dengan roller blind tunggal. Tips lain untuk memilih roller blind adalah dengan mempertimbangkan dekorasi ruangan. Roller blind yang sesuai dengan dekorasi ruangan Anda akan menentukan konsep yang Anda bawa ke dalam ruangan. Misalnya, rumah kontemporer minimalis akan cocok dengan roller blind minimalis dalam balutan warna putih.

 

Bahan

Vinyl adalah bahan yang paling umum untuk roller blind, meskipun beberapa orang ingin memiliki tirai aluminium dan kain. Apapun yang Anda pilih, pastikan itu sesuai dengan seluruh konsep yang Anda bawa ke dalam ruangan. Vinyl blind cocok untuk dapur dan kamar mandi, sedangkan blind dari kain berserat akan terlihat bagus untuk kamar tidur Anda.